PEKANBARU

Tiga tahun sebelum hadirnya Kuttab Al-Fatih di Pekanbaru, tim Pekanbaru sudah terlebih dahulu terbentuk karena berada dalam satu naungan lembaga pendidikan yang berdiri sejak 2014. Cikal bakal hadirnya Kuttab Al-Fatih Pekanbaru telah mulai ada sejak akhir 2013, ketika itu  ustadz Hidayatullah Ismail (pengelola KAF Pekanbaru saat ini) mengundang Ustadz Budi Ashari untuk mengisi parenting di daerah Bangkinang (60 KM dari Pekanbaru).

Ketika itu Ustadz Hidayatullah menyampaikan niat beliau akan mendirikan sebuah lembaga pendidikan, dan Ustadz Budi pun merespon agar datang ke Depok untuk diskusi tentang lembaga yang telah beliau mulai tahun 2012.

Akhirnya di akhir tahun 2014 tim Pekanbaru Allah izinkan untuk berkunjung ke Kuttab Al-Fatih Depok, dari sanalah tim Pekanbaru pulang membawa sedikit ilmu dari segudang yang telah dirumuskan oleh tim pusat saat itu. Begitulah ilmu yang berkah, meskipun kunjungan kami hanya 2 hari namun efeknya langsung dirasakan oleh tim Pekanbaru yang kemudian diterapkan ke lembaga tim Pekanbaru. Dan secara resmi awal 2015 tim Pekanbaru menjalani lembaga pendidikan Kuttab meskipun dengan nama lain, belum menjadi cabang.

Dari pertemuan pertama itu semakin membuat penasaran tim Pekanbaru untuk terus belajar tentang konsep kuttab ini. Setelahnya secara berkala tim Pekanbaru mengundang tim Kaf Depok untuk mengisi di Pekanbaru, atau di lain waktu tim Pekanbaru yang datang ke Depok untuk menggali ilmu.

Hubungan tim Pekanbaru dengan tim Kaf Depok terus berjalan, hingga tahun 2015 Parenting Nabawiyah mengizinkan tim Pekanbaru untuk mengelola Parenting Nabawiyah cabang pekanbaru, yang diresmikan oleh Ustadz Arif ketika itu.

Seiring berjalannya waktu Kuttab di Pekanbaru semakin dihadapkan dengan berbagai tantangan pendidikan, dan ini yang sering diadukan kepada tim Kaf Depok, akhirnya kabar gembira itu hadir ketika ustadz Arif mengabari bahwa Kuttab di Pekanbaru ditawarkan untuk memasukkan proposal pengajuan cabang Kuttab Al-Fatih Pekanbaru.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, setelah proses pengajuan dijalani, secara resmi tanggal 28 robi’ul tsani 1438 / 28 Januari 2017 kuttab di Pekanbaru berganti nama menjadi Kuttab Al-Fatih Pekanbaru.

Kuttab Al-Fatih Pekanbaru berada di tanah wakaf seluas 3 ha lebih kurang, berada tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru. Berjarak sekitar 2 jam perjalanan darat ke Kerajaan Kesultanan Siak Sri Inderapura, yang menjadi saksi sejarah kuttab pernah hadir di bumi melayu.

Alamat kami Jalan SM. Amin / Arengka 2 Ring Road No 1, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Saat ini santri Kaf Pekanbaru sebanyak 101 orang yang terbagi ke 8 kelas:

  1. KA 1: 1 kelas
  2. KA 2: 4 kelas
  3. KA 3: 1 kelas
  4. Qonuni: 2 kelas

 

Jumlah tim guru berjumlah 16 orang kelas, 1 orang guru olahraga, 1 orang tim media, 2 orang TU, 1 orang CS, dan 1 orang koki masak. Total guru dan staf 24 orang termasuk kepala kuttab

Adapun pengelola kami adalah Ustadz Dr. Hidayatullah Ismail Lc., MA, beliau adalah adik kelas ustadz Budi ketika di Madinah dulu, Beliau dibantu oleh dua orang tim Syar’i; Ustadz Rahmat Hidayat, Lc. dan ustadz Muhammad Sutrisno, Lc. keduanya lulusan UIM. Dan yang diamanahi sebagai Kepala Kuttab adalah Ustadz Irsyadul Fikri, murid/mahasiswa binaan ustadz Hidayatullah sejak masa kuliah di UIN Suska Riau.

Itulah sekelumit tentang hadirnya Kuttab Al-Fatih Pekanbaru di bumi melayu dan profilya, ibarat membangkit batang terendam semoga nama kuttab akan hidup kembali di negeri ini khususnya dan Indonesia pada umumnya, bahkan melebihi itu jika Allah izinkan. Perjuangan bersama kuttab adalah kebahagiaan kami seperti bahagianya nenek Ruqayyah (alm, salah satu guru kuttab di kerajaan Siak) ketika dulu kami sampaikan bahwa kami akan mendirikan kuttab di Pekanbaru, respon kebahagiannya ia tunjukkan dengan lantunan do’a untuk kami. Do’a-do’a seperti yang kami harapkan agar kebangkitan Islam itu segera hadirnya lewat generasi bervisi langit. Bi idznillah

Ya Allah bimbinglah kami…

BERITA

Terbaru

PENGUMUMAN KELULUSAN SANTRI KAF PEKANBARU TAHUN AJARAN 2019-2020

Bismillahirrahmanirrahim Sebelumnya kami mohon maaf tidak bisa menerima semua calon santri yang mendaftar disebabkan kesiapan guru-guru, kelas, orang tua dan calon santri. CALON SANTRI YANG DINYATAKAN LULUS PENERIMAAN SANTRI BARU KUTTAB AL-FATIH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2019-2020 NO NAMA SANTRI NO. PENDAFTARAN 1 Abdullah Husein 36 2 Abdullah Muttaqi 81 3 Abdurrahman Ahmad Ibrahim 57 4 […]

silvia

ENGKAU SEORANG GURU, BUKAN TOKOH DRAMA PROTAGONIS

Tokoh drama protagonis selalu memerankan peran yang baik di depan layar. Bahkan bisa memerankan seorang tokoh shalih, agamis, pakaiannya islami, dan tawadhu’. Tak peduli apakah di balik layar dia sebaik yang diperankan atau tidak. Bahkan kita sering temukan bahwa tokoh tersebut mempunyai kehidupan yang 180 derajat terbalik dengan apa yang dia perankan di sebuah drama. […]

Jadwal General Stadium Kuttab Al-Fatih Pekanbaru

Informasi Penerimaan Santri Baru Kuttab Al-Fatih Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019   Insya Allah Stadium General/kuliah umum bagi calon wali santri Kuttab Al-Fatih Pekanbaru akan diadakan pada: Hari Sabtu tanggal 17 Februari 2018 Pukul 08.00 WIB s.d. selesai Tempat Mesjid Taqwa Yayasan Indo Assakinah Al Mawaddah (didepan Kuttab) Catatan Penting: Kedua Orangtua wajib hadir Pendaftaran santri […]

GALERI

Foto-foto Kegiatan